Syaikh Ahmad Al Habbal Ar Rifa'ie


Menurut kisah pengalaman Al Habib Aly Al Jufri, beliau menyebut Syekh Ahmad Al Habbal adalah sosok ahli ibadah yang hatinya selalu asyik dengan Tuhan-nya. Beliau adalah yang memimpin Sholawat atas Rasulullah saw di masjid-masjid kota Damaskus, Suriah, setiap subuh. Beliau ketua jama'ah Sholawatan.

Setelah beliau selesai memimpin Sholawatan beliau rutin berada di toko kepunyaan beliau sendiri, di Pasar Midhat Pasha. Beliau menghabiskan siangnya di sana. 

Kebiasaan beliau di sana, antara lain ialah membaca Al Quran, bersedekah kepada orang-orang yang lewat di depan tokonya, dan menyiapkan tempat minum untuk umum barangkali ada yang kehausan di jalan.

Kalau kebetulan ada tamu yang sowan sama beliau, sedangkan beliau membaca Al Quran, maka beliau sering berkenan menjelaskan sebagian makna yang terkandung pada Ayat tersebut. 

Beliau --kala itu-- usianya sudah di atas seratus tahun, yang terlihat di tokonya ada beberapa kitab-kitab dzikir, dan lembaran-lembaran Al Quran, dan permen-permen yang biasa beliau bagi-bagikan pada anak kecil yang lewat di depan toko beliau.

Termasuk keanehan dari sosok Syekh Al Habbal, pada usia beliau yang sudah sangat sepuh dan kondisi fisik yang melemah, beliau ketika berdiri atau jalan harus dibantu dipapah oleh dua orang. Tapi, ketika beliau mendengar dzikir di majelis dzikir atau lagu seputar pujian terhadap Baginda Rasulullah saw, beliau seakan kembali muda kembali dalam kekuatan fisiknya. Ada kekuatan Cinta yang begitu besar.

Pernah suatu hari di Masjid Al Umawi Al Kabir dilaksanakan sholat Istisqo' (memohon hujan) dan Syekh Ramadhan Al Buthy meminta beliau berdoa. Doa belum selesai, hujan sudah mengguyur kota Damaskus ketika itu.

Semoga manfaat & barokah
Shollu Alannabi Muhammad..

(Kopipaste dari Gus Mas'ud Khoz Khoi)

Baca Juga

Komentar